a-ads

Kamis, 18 Mei 2017

Perhatikan Screen Refresh Rate Untuk Menyesuaikan FPS pada game

Sumber: www.asus.com

Beberapa orang menganggap bahwa FPS semakin tinggi maka kelancaran game akan semakin baik. Namun sebenarnya untuk mendapatkan FPS yang tinggi dibutuhkan juga dukungan dari beberapa hardware, salah satunya yaitu layar. Setiap layar perangkat memiliki refresh rate yang berbeda - beda, itulah mengapa tiap-tiap perangkat memiliki maximum FPS yang berbeda-beda saat memainkan game. Jadi jangan sering menyalahkan CPU atau Ram yang menyebabkan FPS pada game yang sobat mainkan tidak maksimum ya. Istilah yang sering dipakai saat FPS atau Frame Per Second melebihi screen refresh rate adalah screen tearing. Penyebab screen tearing adalah sreen refresh rate yang tidak bisa menjalankan FPS yang lebih tinggi. Screen tearing seringkali terjadi pada game PC, namun bila sobat pernah mengalami ini pada saat memainkan game android, sobat bisa mencoba beberapa tips yang akan saya berikan ini.

Screen tearing biasa terjadi pada game - game yang menggunakan effect 3D, seperti pada game racing, Open World, action / adventure. Itulah kenapa juga opsi pengaturan grafis pada game 3D pastilah lebih lengkap. Berikut yang bisa sobat ubah untuk mengatasi screen tearing ini.

V-sync  (Vertical Synchronization), opsi ini hampir sama dengan yang namanya frame limiter, yaitu berguna untuk membatasi FPS agar sesuai dengan screen refresh rate pada perangkat sobat. Contoh apabila screen refresh rate sobat adalah 60Hz, sobat atur V-sync pada 60 FPS,  Sedangkan GPU perangkat sobat mampu mencapai FPS lebih dari 60, maka sobat bisa mengatur GPU untuk meningkatkan pada pengaturan grafis lainnya.

Untuk melihat screen refresh rate pada perangkat Android sobat, gunakan perintah ini pada terminal
su
dumpsys display
Maka akan terlihat seperti ini

android screen refresh rate

Carilah script yang bertuliskan screen refresh rate. Dilihat dari screenshoot, perangkat saya memiliki refresh rate 60hz dan maximum  FPS 60.

Kemudian untuk melihat FPS yang ada pada game, sobat bisa mengaktifkan penghitung FPS lewat pengaturan game (bila tersedia) atau menggunakan aplikasi FPS monitoring atau penghitung FPS lainnya yang tersedia pada Google Play Store.

Itulah sedikit info mengenai pengaruh screen refresh rate dengan FPS pada game, jangan lupa berkomentar pada kolom di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...