a-ads

Rabu, 07 Agustus 2019

Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Suara HP Android Mengecil - Bagaimana cara mengatasi suara speaker hp yang semakin kecil pada perangkat android yang kamu miliki ?

Permasalahan umum dan ringan yang sering terjadi pada handphone / tablet android salah satunya adalah suara nada dering android yang kecil dan lama kelamaan suara speaker hp tidak terdengar bunyinya.

Jika kamu mengalami masalah seputar suara speaker android yang semacam itu sebaiknya ingat - ingat dahulu kegiatan apa yang baru saja kalian kerjakan sampai beberapa jam sebelum volume hp mengecil sendiri itu terjadi.

Terdapat kemungkinan masalah hp android yang tidak mengeluarkan bunyi tersebut berasal dari anda sendiri namun tidak kamu sadari, seperti mengupgarde atau juga salah memasang aplikasi.

Oleh karena itu kali ini Smartphone Solution akan berbagi tips cara memperbesar suara speaker hp android agar nada dering android ataupun mp3 dapat terdengar dengan jelas kembali.

Solusi Volume Musik / Video Yang Tidak Terdengar Karena Suara Speaker HP Kecil

cara mengatasi volume suara yang kecil di hp android

Sering kali untuk mengatasi suara speaker hp android yang kecil, kita mengambil jalan termudah yaitu dengan menggunakan earphone / headset saat mendengarkan musik dan video.

Namun tahukah kamu dampak jika kalian terlalu sering menggunakan earphone tersebut ? Lihat infograsis kami di bawah ini.


Maka dari itu sebelum kita mengulas tentang cara mengatasi suara speaker hp / tablet android yang pecah tersebut pertama - tama ketahuilah terlebih dahulu penyebab suara speaker ponsel android kecil, apalagi jika semakin volume di tinggikan maka suara semakin menjadi pecah / kresek - kresek.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat volume hp mengecil sendiri yaitu :

Penyebab Suara HP Menjadi Kecil di Android

  • Banyaknya kontaminasi debu yang menempel pada kulit speaker sehingga debu tersebut menghambat getaran speaker. 
  • Selain itu yang menyebabkan nada dering android menjadi pelan adalah kulit speaker robek.
  • Ada juga karena kabel (+) (-)  yang menempel tidak kuat sehingga kadang tersambut kadang tidak akibatnya suara speaker tidak jelas dan seperti pecah bahkan kadang berbunyi kadang tidak.
  •  Speaker HP yang terkena air

Di bawah ini merupakan beberapa langkah awal yang perlu untuk kita lakukan ketika volume hp android mengecil sendiri. Dan langkah pengecekan suara hp lirih tidak terdengar ini dapat kita aplikasikan di semua tipe hp android seperti hp samsung, oppo smartphone, vivo dan juga advan sekalipun.

Untuk itu mari langsung saja apa yang perlu untuk kita lakukan jika speaker hp kecil di aplikasi youtube ataupun pemutar musik, diantaranya :

Cara Mengatasi Speaker HP Yang Suaranya Kecil



1. Cek Volume HP

cara mengatasi speaker hp yang suaranya kecil

Coba cek apakah volume hp android anda sudah anda besarkan. Tekan Volume Up untuk memperbesar Volume sampai maksimal. Kemudian periksa juga suara dari Notifikasi, Panggilan Telepon, dan musik melalui fitur suara. Masuk pada menu Pengaturan » Suara » Volume.

2. Matikan Ponsel Android

Coba matikan ponsel Android anda, kemudian cabut baterai, SIM Card, dan memori card (Micro SD). Diamkan hingga beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk pada smartphone. Setelah itu pasang dan aktifkan kembali hp / tablet Android anda.

baca juga : 
  1. 9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama
  2. Solusi Pesan Whatsapp Yang Tidak Muncul Saat Layar HP Android Terkunci

3. Bersihkan Cache Android

Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Coba gunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache Android secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar file – file cache yang menghambat jalannya aplikasi bisa terhapus dan bersih kembali.


4. Lakukan Un-Root

Apakah Smartphone Android anda telah di Root? Jika sudah di Root, lakukan unroot agar semua fitur dapat berfungsi dengan normal kembali.

5. Coba Gunakan Headset

Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

Jika speaker Android anda tidak berfungsi, coba gunakan earphone untuk memeriksa suara speaker hp mengecil. Dan apabila terdengar suara, maka terdapat kemungkinan bahwa speaker Android mengalami kerusakan.

Namun jika suara hp kamu kecil setelah earphone dilepas, coba masuk ke opsi pengembang atau ikuti 6 cara mengatasi suara hp tidak keluar pada postingan kami sebelumnya.

6. Lakukan Factory Reset

Apabila kita sudah menggunakan cara di atas tidak berpengaruh sama sekali. Tips terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan factory riset atau mengembalikan Android ke pengaturan awal.

Namun apabila dengan langkah pengecekan diatas suara hp masih saja kecil tidak terdengar padahal volume sudah maksimal maka terdapat kemungkinan adanya masalah pada speaker hp android tersebut. Untuk itu coba lanjutkan dengan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mudah Membersihkan Speaker HP Android


7. Speaker HP Kotor

Untuk Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah karena tumpukan debu atau kotoran adalah dengan cara membersihkannya langsung. Anda tinggal membuka saja body smartphone dan langsung menuju ke speaker angkat speaker secara perlahan dari dudukannya atau bisa lepaskan perekat dengan secara pelan-pelan agar kabel penghubung speaker tidak putus.

suara speaker hp mengecil

Pada daun speaker biasanya akan banyak debu yang menempel, bersihkan lah dengan kuas kecil secara perlahan setelah bersih pasang kembali. Tutup kembali body smartphone namun jangan dipasang terlebih dahulu bautnya coba hidupkan dahulu dan putar musik untuk mencobanya kualitas speaker jika dipastikan sudah bersih suaranya baru pasang bautnya.

Namun jika suara hp android yang hilang tersebut masih belum bisa teratasi coba cek kembali, mungkin ada kerusakan lainnya.

    8. Kabel Solderan di Speaker Lepas

      Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil

      Berbicara tentang Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah akibat lepasnya kabel pada speaker perlu dilakukan kejelian untuk mengatasinya. Kita bisa menyoldernya sendiri dengan pelan-pelan. Setelah benar-benar terhubung pasang kembali.

        9. Komponen Speaker Rusak

          Mengatasi Suara Speaker Smartphone Yang Pecah akibat rusaknya komponen pada speaker tersebut adalah dengan cara mengganti speaker tersebut, karena untuk memperbaiknya sangatlah sulit bahkan tidak mungkin, karena komponen speaker pasti sangat kecil jadi sebaiknya anda langsung menggantinya saja dengan yang baru.

          baca juga : Daftar Biaya Service  Speaker HP Xiaomi Yang Rusak

            Jika dengan langkah - langkah di atas masih saja suara hp android kecil tidak terdengar dan tidak adanya kerusakan pada speaker hp itu sendiri, maka tidak ada salahnya jika kita coba untuk menginstal aplikasi pengeras suara video android.

            Aplikasi Pengeras Suara Speaker di HP Android


            Dan disini kami mencoba salah satu aplikasi tersebut, yaitu Volume Booster GOODEV. Selain dapat meningkatkan volume hp yang kecil, aplikasi ini juga membantu memberi keamanan dari distorsi suara di speaker hp (suara hp yang mengecil sendiri).

            Cara Memperbaiki Suara Hp Android Yang Makin Mengecil
            sumber gambar : play.google.com

            Melihat ulasan pengguna dari aplikasi pengeras suara GOODEV tersebut, beberapa pengguna merasa cukup puas karena aplikasi ini mampu mengatasi volume headset mengecil sendiri saat kualitas suara youtube tidak terlalu baik.

            Untuk mencoba aplikasi ini, kita dapat mengunduhnya secara gratis di google play android.

            Demikian ulasan mengenai cara membuat speaker hp android lebih keras dan memiliki kualitas suara yang jernih

            Sekarang giliran kamu untuk mencoba dan jika kalian memiliki cara lain yang lebih mudah untuk membesarkan suara hp yang kecil tersebut, beri tahu kami untuk pengembangan situs ini. Sekian dan terima kasih ..

            3 komentar:

            1. Tanya dong? Apa masalahnya tablet samsung yang volumenya membesar dan mengecil sendiri, kalau hp di goyang volumenya membesar dan mengecil sendri, ini bukan masalah sepekernya yg rusak, akan tetapi volumnya yang rusak.

              BalasHapus
            2. Kalo volume speaker tiba tiba mengecil itu kenapa ya?

              BalasHapus

            9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

            Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...