a-ads

Minggu, 28 Mei 2017

Membuat Efek 3D pada Obyek Gear denga Corel Draw

Halo semangat pagi para pembaca yang budiman, semoga kita selalu diberi kesehatan. Jumpa lagi dengan kami untuk mengulas sedikit informasi bagi kita semua barangkali bermanfaat. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang corel draw, yaitu membuat efek 3d (tiga dimensi) pada obyek misalkan gear motor. Nah kita akan belajar membuat gear motor agar nampak seperti nyata.
Mari kita mulai, pertama kita buka aplikasi corelDraw terlebih dahulu, bebas kita bisa gubanakan corel draw versi apapun, sebagai contoh saya gunakan corel versi X6. Kemudian buka halaman baru dan dinamani sesuai keinginan anda.
Buatlah obyek dengan menggnakan Polygon Tool, pilih Polygon lalu buatlah dihalaman anda. Kemudian tentukan ukuran obyek, klik pada obyek size di kiri atas. Biasanya obyek default untuk polygon adalah 6 sisi yaitu bentuk heksagon atau segi enam. Tambahlah sisi pada point of side menjadi 36 misalnya.

Klit shape tool untuk membentuk pola roda gerigi, seret shape tool pada salah satu poit/node di obyek tersebut lalu tarik kedalam. Maka akan menjadi roda gigi, namun masih lurus atau siku, untuk membuat lekukan yang lebih halus perlu dilakukan poles lagi yaitu dengan cara klik pada shape toll lalu klik pada menu bar convert to curve, tariklah ujung ujung panah sesuai keinginan anda sehingga terbentuk roda gigi yang halus.
Memberi lubang ditengah roda gigi biar seperti aslinya, caranya buatlah satu obyek lingkaran atau elips lalu letakan ditengah roda gigi tersebut. Drak kedua obyek tersebut lalu klik trim pada toolbar. Buang lingkaran yang ada ditengah maka roda gigi sudah berlubang.

Beri warna pada obyek dengan obyek properties, uniform untuk satu warna dan foutain untuk membuat warna gradasi.  Setelah diberi warna, lalu klik pada outline atau garis tepi, klik none untuk menghilangkan garis tepi.
Kemudian klik pada obyek lalu klik efeck pada toolbar pilih extrude. Sesuaikan kedalaman dan destinasinya. Pilih warna untuk bayangnanya, jika sudah anda bisa mengklik extrude rotation maka akan muncul angka tiga besar, anda dapat menariknya kemanapun anda mau untuk lebih memeprtajam lagi efek 3 dimensinya.


Jika sudah selesai, gambar roda gigi bisa di ekspor, pilih file lalu ekspor menjadi file jpg atau png. Gambar sudah dapat dilihat di galeri, nah demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...