a-ads

Sabtu, 29 April 2017

Download java app emulator untuk android

source: javaemulator


Apakah android bisa menjalankan aplikasi .jar? Jawabanya ya, Android yang sobat gunakan bisa menjalankan .jar atau biasa disebut java mid-let dengan menggunakan emulator, salah satunya yaitu java app emulator, aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk menjalankan game java yang biasa sobat mainkan pada ponsel java lama. Masih ingatkah sobat dengan ponsel java dan game yang pernah sobat pakai? Bila ingat mungkin sobat sobat tulis pada kolom komentar di bawah. Untuk menggunakan aplikasi ini sobat hanya memerlukan 2 file yaitu .jar dan .jad.


PhoneMe Advanced Foundation Profile-MIDP Wrapper


Emulator java ini bernama PhoneMe Advanced Foundation Profile-MIDP Wrapper yang dibuat tahun 2010-2013 oleh Davy Preuveneers. Dengan ukuran yang relatif kecil dan penggunaan memory yang sedikit sudah bisa menjalankan game - game java. Hebatnya lagi aplikasi ini juga bisa dijalankan dari versi Android 2.2 sampai Lolipop sehingga sobat tidak perlu khawatir akan versi android sobat.

Berikut screenshootnya:


Masih ingat dengan game Asphalt 6 Adrenaline? Game balapan ini sudah dirilis lama sekali, sayangnya sudah tidak ada lanjutan versi Asphalt 7 atau 8 seperti pada android.

play java games on android


Little Big City 2 kelanjutan dari game pertamanya yaitu Little Big City, yaitu game membangun kota yang tidak kalah keren dengan Sim City (untuk versi java). Bila sobat lihat ada  beberapa masalah saat menggunakan aplikasi ini yaitu ukuran layar, karena itu saya rekomendasikan untuk mendownload game java dengan ukuran layar yang sesuai dengan layar ponsel sobat, atau gunakan ponsel dengan ukuran layar 4 inch.

play java games on android

play java games on android



Tidak hanya game, emulator ini juga bisa menjalankan aplikasi seperti browser lama Opera Mini yang ada pada android sobat.
Java app on android



Cara menggunakan aplikasi :
  1. Ekstrak file zip yang telah sobat download
  2. Install kedua aplikasi yang ada, yaitu file manager dan emulator java
  3. Buka aplikasi emulator dan klik pada open, buka di mana sobat meletakkan game .jad dan .jar (pastikan 2 file jar dan jad diletakan pada satu folder dengan nama yang sama)
  4.  Klik run. 

Beberapa masalah yang biasa terjadi :
  • Bila tertulis "download failed..." pada log, aktifkan data seluler untuk mendownload beberapa file dan klik run ulang. 
  • Apabila game tidak bisa dijalankan karena "not supported in potrait mode", cukup sobat keluar dari emulator, lalu aktifkan rotasi layar dan kembali pada emulator dengan landscape mode.
  • Force close.



Bagaimana? Apa sobat tertarik? Untuk mendownload aplikasi ini silahkan klik di sini. Untuk mencari game - game java yang memiliki format jad lainnya, silahkan lihat di dedomil.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...