a-ads

Minggu, 26 Maret 2017

Manfaat Getah Pisang untuk menghentikan pendarahan

Pisang, siapa yang tidak kenal pisang. Buah primadona yang tak pernah usang dan tak pernah masam. Selain enak rasanya ternyata banyak manfaat yang terdapat dalam sebatang pohon pisang. Bonggol atau bagian bawah pohon pisang dapat digunakan sebagai masakan gudeg (pada pohon pisang tertentu), gedebognya dapat digunakan sebagai serat pisang atau kerajinan tangan, aresnya atau bagian dalam pohon pisang dapat digunakan sebagai masakan, pelepahnya dapat digunak sebagai makanan kambing, daunnya digunakan untuk pembungkus makanan, jantungnya bisa dimasak, buahnya bisa untuk makanan monyet dan temannya termasuk manusia. Begitu banyak manfaat dari sebatang pohon pisang, namun ada satu lagi manfaat yang belum banyak diketahui oleh banyak orang yaitu getahnya. Getahnya dapat digunakan untuk mengotori pakaian dan sangat sulit untuk dibersihkan, apalagi pada pakaian putih. Sebagus apapun merek detergen, saya yakin tak kan mampu mebersihkan noda getah pisang dalam sekali cuci.
Tentunya bukan itu manfaat getah pisang yang ingin saya bicarakan, manfaat yang luar biasa dari getah pisang adalah untuk mengentikan pendarahan pada luka baik luka gores maupun luka lecet. Getah pohon pisang ini digunakan sejak lama oleh masyarakat pedalaman untuk mengentikan pendarahan ketika terluka. Bahkan sampai sekarang masyarakat pedesaan masih melakukan hal tersebut, termasuk saya. Hal ini tentu sangat berguna bagi para petualang yang suka blusukan di hutan. Jika tubuh kita terluka dan tidak membawa kotak P3K, jangan risau ada beberapa tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati luka tersebut diantaranya getah pisang.
Suatu ketika, ketika saya beranjak gede saya belajar memainkan sabit untuk mengambil rumput pakan ternak, tanpa sengaja sabitpun dengan lembutnya menggesek jari saya. Tentu saya teriak dan menangis, luka cukup dalam dan banyak mengeluarkan banyak darah. Aku kesakitan dan galau, bapak segera datang karena mendenhgar teriakan saya. Melihat jari saya banyak keluar darah, tiba tiba bapak memotong sebatang pohon pisang yang masih muda. Getahpun mengucur deras di kedua ujung batang pohon pisang tersebut, lalu dioleksan dan diteteskan getah pisang tersebut pada luka dijari saya. Saya berteriak lagi, karena perih sesaat kemudian apa yang terjadi darah tiba tiba berhenti mengucur dan luka mengering. Meski perih sesaat namun luka seketika mengering, meski menganga namun rasa sakit kian mereda. Lalu bapak menyobek baju untuk membalut luka saya. Tidak saya obati ke mantri terdekat, beberapa hari kemudian lukapun sembuh. Dari pengalaman tersebut, saya pun melakukan hal serupa ketika tubuh saya terluka ringan dan berdarah saya segera mencari  pohon pisang lalu saya gunakan getahnya untuk menghentikan pendarahan dan pertolongan pertama. Jika sekiranya parah tentu harus dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

Getah pisang dapat diperoleh dengan cara memotong pucuk / tunas pohon yang masih muda, pelepah daun, tangkai buah, tangkai jantung atau tunas daun yang masih muda. Oleskan saja getahnya pada luka, meski sedikit perih namun sesaat kemudian darah akan berhenti dan mengering. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...