a-ads

Jumat, 24 Mei 2019

Cara Menghidupkan Hp Xiaomi Mati Total Tidak Bisa Di Charge

HP Xiaomi Mati Total - HP mati total merupakan masalah terbesar masalah terbesar pada sebuah perangkat android, termasuk Xiaomi. Kondisi dimana hp xiaomi tidak mau menyala ini sering kali terjadi karena masalah baterai.

Kebiasaan untuk mengisi daya jika baterai hp belum habis adalah awal penyebab terjadinya mati total pada hp xiaomi, namun kita jarang menyadarinya.

Perlu untuk kita sadari bahwa batre hp menjadi peranan penting yang sangat vital pada sebuah ponsel cerdas saat ini. Membiarkan hp xiaomi sampai mati total karena kehabisan daya akan mengakibatkan tegangan pada baterai semakin berkurang.

Dan apabila tegangan baterai sudah tidak normal tentu akan membuat kita kesulitan untuk menghidupkan hp xiaomi yang mati total setelah baterai habis tersebut. Dan dalam kondisi seperti ini jika hp xiaomi dicas yang sering kali terjadi adalah hanya muncul logo saat dinyalakan / stuck di logo alias bootloop.

baca juga : Penyebab HP Xiaomi Sering Restart Sendiri

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami, Smartphone Solution akan mencoba memberikan beberapa tips untuk mengatasi hp xiaomi yang mati total tersebut. Namun jika anda akan mencoba langkah - langkah di bawah ini pastikan terlebih dahulu bahwa hp xiaomi anda tidak bisa hidup bukan karena terjatuh, konslet karena kemasukan air dan mati total setelah update (flashing ulang).

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total Tidak Bisa Di Charge

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Mati Total Tidak Bsa di Charge

Sebelum kita mencoba memulai untuk mengatasi hp xiaomi yang bootloop tersebut, disini kami informasikan langkah - langkah apa saja yang harus kita pastikan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyebab hp xiaomi yang mati sendiri tersebut karena kerusakan baterai.

Penyebab HP Xiaomi Tidak Bisa Di Cas


Pastikan beberapa hal di bawah ini jika hp xiaomi yang kita miliki tetap saja tidak mau nyala meskipun sudah dicas lama, diantaranya :

1.  Cek bagian stop kontak
HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas
sumber gambar : https://adamcecc.blogspot.com/





Stop kontak adalah bagian pertama yang perlu untuk kita pastikan apabila sudah berjam - jam hp xiaomi dicas namun tetap saja mati total. Gunakan alat pengecekan yang layak digunakan (tespen) untuk memastikan pada bagian stop kontak memang memiliki arus listrik yang baik.

Pastikan kita melakukan pengisian daya pada saklar dengan arus listrik stabil (tidak terlalu banyak sambungan).

2. Pastikan charger yang digunakan dalam kondisi tidak rusak

Apabila hp xiaomi masih saja tidak bisa hidup maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan yaitu memastikan charger yang kita pakai.

Jika hp xiaomi di cas tidak bisa masuk maka cobalah untuk mengganti charger lain saat mengisi daya pada hp xiaomi, bisa jadi kerusakan charger ataupun kabel data mengakibatkan pengisian daya baterai tidak masuk pada hp xiaomi.

3. Melepas komponen

Meskipun sederhana namun langkah untuk mengatasi hp xiaomi yang bootloop (kegagalan masuk) ringan ini sering terlewatkan. Jadi jika kita mengalami masalah ponsel xiaomi hang tidak mau menyala jangan lupa untuk melepaskan komponen seperti baterai, Micro SD dan Sim Card terlebih dahulu.

Tunggu kurang lebih 20 menit, lalu pasang kembali dan tunggu hingga hp tersebut hidup sendiri. Untuk menghidupkan hp xiaomi dengan jenis baterai tanam, kita tidak perlu melepas baterai jika ingin merestart saat kondisi mati total tersebut.

baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Baterai Tanam Hang

4. Cek bagian baterai 

Baterai HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas

Dan yang terakhir jika kita ingin menghidupkan hp xiaomi yang tidak bisa hidup, pastikan bagaimana kondisi dari baterai ponsel tersebut.

Untuk mengecek kondisi baterai hp xiaomi apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak maka gunakan multitaster untuk mengetahuinya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Yang Saat Dihidupkan Hanya Muncul Logo


Berikut ini akan kami berikan beberapa langkah yang perlu untuk dilakukan ketika semua cara diatas sudah kita lakukan namun ponsel android xiaomi ini masih saja tidak mau hidup. Dari beberapa sumber yang ada langkah di bawah ini disinyalir dapat digunakan untuk mengatasi hp xiaomi yang tidak mau hidup karena kerusakan hardware.

Akan tetapi jika kita ragu ataupun tidak berani untuk bongkar hp xiaomi yang mati total di charge tidak masuk tersebut sendiri maka membawa ke service center adalah solusi selanjutnya. Tutorial bongkar hp xiaomi yang dicas led menyala tapi tidak masuk tersebut dapat kita lihat pada ulasan di bawah ini :

Siapkan beberapa alat berikut ini :

  • Desktop charger /Adaptor Multi / trafo / Power Suply (pilih salah satu)
  • Obeng
  • Avo Meter

Cara mengembalikan tegangan baterai hp xiaomi yang ngedrop

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan sebelum membongkar hp xiaomi adalah dengan mengeluarkan kartu sim dan kartu sd yang ada di dalam perangkat tersebut
  2. Lalu congkel bagian backdoor belakang secara perlahan sampai seluruh bagian petutup belakang terlepas menggunakan kuku ataupun bantuan sim card bekas
  3. Lepaskan semua baut pada penutup karena meskipun bagian belakang HP terlepas dan baterai sudah terlihat, ternyata konektor masih terhalang oleh penutup
  4. Setelah itu cari konektor baterai lalu lepaskan secara perlahan ketika penutup sudah terbuka
  5. Dengan bantuan avometer carilah konektor bagian (-) dan (+) pada konektor hp xiaomi baterai tanam tersebut
  6. Untuk mengetahui penyebab hp android tidak bisa di cas tersebut lakukan pengecekan tegangan baterai terlebih dahulu, pastikan tegangan baterai tidak kurang dari 3 Volt
  7. Jika memang kurang maka siapkan adaptor atau desktop charger dan setting pada tegangan 6 Volt
  8. Kemudian hubungkan kabel (+) dan (–) pada adaptor atau desktop charger ke avo meter. Lalu tempelkan kembali jarum AVO meter ke konektor baterai.
  9. Tahan atau tempelkan jarum avo meter yang telah terhubung dengan adaptor, sampai baterai memiliki voltase minimal 4 Volt
    Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Mau Menyala
  10. Jika sudah merasa cukup, lalu nyalakan atau tekan tombol ON pada HP. Jika hp bergetar dan keluar logo xiaomi segera masukan charger anda secara normal. Dan tunggu sampai penuh

Kesimpulan

Pada langkah ini hp xiaomi yang saat dihidupkan hanya muncul logo xiaomi saja dan kemudian mati kembali tersebut berhasil diatasi dengan cara mengembalikan tegangan baterai hp yang tidak normal tersebut.

Jadi jika hp xiaomi yang kita miliki tetap saja mati total meskipun sudah dicas berjam - jam, jangan buru - buru melakukan flashing ataupun mengganti komponen apabila hp yang anda miliki tidak pernah terjatuh ataupun kena air.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi hp xiaomi mati total. Semoga postingan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan kami ingatkan kembali jika anda ragu akan cara di atas maka solusi selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan membawanya ke service center terdekat, sekian dan terima kasih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...