a-ads

Kamis, 15 Februari 2018

Kerja Online Di Bidang Disain Grafis Freelance



Pada saat internet sedang booming ini, dan angka pengangguran yang sangat banyak, maka kerja online di bidang disain grafis freelance untuk membuat beberapa keperluan barang barang digital adalah merupakan jalan yang paling bagus untuk ditekuni. Keahlian disain grafis adalah keahlian yang paling banyak dicari di dunia maya karena meliputi keahlian pembuatan website, pembuatan logo, pembuatan banner ads, pembuatan header cover, pembuatan ikon, pembuatan disain blog dsb. Tetapi untuk menjadi seorang ahli disain grafis perlu suatu pendidikan yang tidak murah dan tidak mudah. Tetapi andaikata anda telah menjadi seorang ahli disain grafis secara autodidak maka sudah sepantasnya anda bersyukur karena hal itu. Bersyukur artinya adalah dengan keahlian itu akan menjadikannya sebagai penopang hidup anda untuk di masa mendatang maupun di masa kini. Meskipun demikian menekuni kerja online di bidang lain selain bidang keahlian disain grafis seperti fotografi atau penulis dan lainya merupakan point tambahan untuk menjadi lebih sukses. Sebab persaingan kerja online di bidang ini adalah sangat ketat. sedangkan nilai projek yang ada semakin menurun dalam jumlah maupun kualitas nilai uangnya.

Oleh karena itu mengasah ketajaman bidang disain grafis sangat mutlak diperlukan dengan belajar dan mengajar secara online. Hal ini berarti akan menuntut untuk kerja online berperan sebagai ahli di bidang yang lainnya juga. Seperti sebagai seorang penulis, fotografer, ahli dalam SEO (search engine optimation) serta sebagai seorang ahli pembuat video.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai jalan untuk kerja online di bidang disain grafis freelance guna membuatnya sebagai penopang hidup anda dan kita:

1. kerja online dengan cara mengikuti beberapa situs yang bersifat kompetisi terbuka dalam disain grafis untuk meraih hadiah secara tetap. Beberapa situs ini antara lain: designcrowd, 99designs, crowdspring, forums digitalpoint, freelances dsb. Sedangkan bidang disain grafis yang dikompetisikan misalnya adalah, website desain, banner ads desain, disain logo, disain ikon, dsb. Cara kerja dari kerja online di sini adalah sebagai berikut, para pemilik proyek membutuhkan suatu disain website untuk website atau blog mereka dengan memberikan diskripsi proyeknya serta nilai hadiah dan berbagai persyaratan lainnya serta juga file yang dibutuhkan. Maka para disainer berlomba lomba menyerahkan contoh hasil rancangan mereka berupa gambar jpeg serta diskripnya di halaman mereka masing masing. Apabila para pemilik proyek tertarik akan suatu disain diantara sekian puluh atau ratus rancangan yang telah diajukan maka biasanya mereka akan mengontak perancangnya serta memberikan pesan dan rating untuk rancangan itu.

Maka disainernya akan memberikan rancangan terbaru hasil revisi rancangan sebelumnya, sehingga pemilik proyek akan memilihnya setelah mendapatkan kepuasan atas hasil akhir dari rancangan terpilih. Setelah itu segera diumumkan sebagai pemenang kompetisi, maka perancangnya segera menyerahkan hasil akhir rancangan itu yang berupa file PSD (source file) ke akun pemilik proyek. Kemudian pemilik proyek akan melepas uang hadiah yang telah disediakan di situs itu. Situs ini bekerja sebagai pihak ketiga yang mejembatani antara pihak pertama (pemilik proyek) dengan pihak kedua (para perancang/disainer), dengan mengambil fee dari pemenang proyek (disainer) dan juga dari pemilik proyek dari setiap proyek yang diajukan. Kerja online dengan cara seperti ini cukup bagus untuk menghasilkan uang tetapi perlu kerja ekstra keras untuk memenangkan proyek proyek bernilai besar.

2. kerja online dengan cara menjual hasil rancangan disain grafis yang telah dibuat ke suatu situs yang menyediakan fasilitas lengkap dan gratis untuk itu , sebagai contohnya adalah: envanto, sellfy, marketplace digitalpoint, dan dreamstime serta themeforest. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh situs ini antara lain, halaman penjualan, lengkap dengan gambar depan dari rancangan itu, file hosting, bandwith tak terbatas, payment prosesor untuk paypal, halaman portfolio dan halaman kontak. Situs ini berperan sebagai pihak ketiga yang menghubungkan antara pihak penjual (pihak pertama ) dan pihak pembeli (pihak kedua), mereka akan meminta fee dari setiap transaksi yang terjadi kadang juga akan meminta bayaran untuk fasilitas hosting file tak terbnatas pada para disainer atau penjual walaupun mereka juga memberi fasilitas gratis tetapi hanya untuk 5 produk saja. Kerja online model seperti ini merupakan model passive income, yang akan memberi uang ke kita secara passive

Hanya di marketplace digitalpoint yang benar nebar gratis semuanya. Tetapi mereka mensyaratkan harus aktif kerja online di forumnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ikut menjual produk disain grafisnya di sana.

Anda juga bisa membaca artikel ini : Kerja Online Sebagai Penjual Produk Digital

3. Kerja online dengan menulis artikel yang bisa dilakukan sebagai penulis online di situs situs yang mau menerima dan memberi bayaran untuk artikel-artikel yang membahas tentang disain grafis, terutama tutorial effek dari adobe photoshop. kebanyakan dari situs tersebut mau memberikan uang $200 - $300 per artikel yang telah diterima dan dipublikasikan di sana. Dan juga kebanyakan sistim pembayaranya adalah dengan menggunakan paypal. Ini merupakan kerja online yang menyenangkan bagi yang sangat ahli di bidang disain grafis terutama mereka yang telah ahli dalam penguasaan adobe photoshop. Contoh situs mau menerima dan memberi uang terhadap artikel anda adalah : alistapart.com, tutsplus.com, crazyleafdesign.com

Anda juga bisa membaca artikel ini : Kerja Online Sebagai Penulis Lepas di Internet

4. kerja online dengan cara menjual jasa layanan pembuatan disain grafis yang kita kuasai di situs terpercaya dan terkenal seperti fiverr dan seoclerks. Kedua situs inipun bertindak sebagai pihak ketiga dengan meminta sejumlah fee dari setiap projek yang telah diselesaikan antara pihak pertama (penyedia jasa/penjual) dan pihak pembeli (pihak kedua). Kerja online seperti yang di fiverr semuanya serba $5 untuk setiap pekerjaan yang dibuat. pendapatan $5 setiap proyek itu sudah cukup bagus.

5. Kerja online dengan mencari Jobs atau pekerjaan tetap dengan menggunakan situs Linkedin, dimana di sana banyak bertebaran perusahaan besar yang membutuhkan keahlian disain grais yaitu begabung dengan group yang mereka miliki serta aktif di sana dengan memberi komenntar setiap mereka melakukan posting artikel atau konten. Dan yang perlu juga untuk diperhatikan adalah mengoptimaiisasikan halaman profile anda di sana dengan teknik SEO serta dengan informasi yang lengkap tentang siapa kita dan apa keahlian kita serta pengalaman, portfolio, pendidikan, dan hasil yang pernah kita raih selama ini. Linkedin adalah situs sosial media networking yang besar tempat berkumpulnya para ahli di berbagai bidang dan para pemilik perusahaan besar, serta para pemilik modal. Sehingga ini adalah tempat yang cocok bagi kita sebagai seorang ahli dalam bidang disain grafis untuk mencari pekerjaan tetap di suatu perusahaan besar yang sedang membutuhkan pekerja yang benar benar kompeten. Sedangkan metode seperti ini termasuk kerja online tetapi kerja nyatanya adalah kerja offline.

Kerja online di bidang disain grafis freelance adalah jalan paling bagus untuk mendapatkan uang di internet apabila kita mengetahui caranya. Dan dunia disain grafis ini tak pernah berhenti atau sepi dari proyek proyek yang menghasilkan uang baik secara pasif maupun aktif. sudah banyak orang yang sukses hidupnya dari jalan ini. Keahlian disain garis sangat dibutuhkan selama ada internet dan selama masih ada periklanan baik online maupun offline. Apalagi dipandu dengan kerja online dengan keahlian lainnya yang sangat berharga seperti keahlian menulis, memfoto, melukis, menggambar, menjual, dan lain-lain maka anda dan kita akan mendapatkan kesempatan yang luas menjadi orang yang sukses dalam keja online dalam hidupnya.

Anda juga bisa membaca artikel ini : Kerja Online Sebagai Fotografer Freelance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...