a-ads

Minggu, 13 Agustus 2017

Apa itu Domain, Hosting dan Platfrom Blog?

Halo halo, semangat pagi sobat pembaca yang budiman. Untuk sobat yang suka nge blog, atau yang baru mau mulai ngeblog, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata kata atau istilah yang ada di internet seperti Domain, Hosting dan lain lain. Nah sebelum mulai ngeblog agan harus menentukan platform mana yang akan agan gunakan untuk ngeblog. Platform blog adalah media yang digunakan untuk memposting tulisan agan, platform blog ada banyak baik yang gratisan maupun berbayar alias self hosting.
Agan bisa pilih mau pilih platform yang mana, untuk sekedar referensi bisa agan pilih misalnya blogger.com, wordpress.com, jomla, tumblr dan lain sebagainya. Sedangkan jika agan mau bikin blog mandiri atau self-hosting maka agan bisa manggunakan wordpress.org dan agan bisa membeli domain dan sewa hosting melalui situs situs jasa penyedia domain.
Nah, apa itu domain? Domain menurut pengertian secara bahasa adalah wilayah, ranah atau tempat. Sedangkan dalam istilah internet adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan internet, nama domain dapat kita buat sendiri ketika kita membeli domain tersebut. Misal odong.com/odong.co.id/odong.net dll.
Hosting adalah server yang digunakan untuk menyimpan berkas berkas media secara online. Dan disediakan oleh jasa pelayanan internet yang dapat kita sewa untuk menyimpan data blog kita berupa http,FTP,Email dan DNS. Ibarat kata Website adalah sebuah rumah domain sebagai alamat rumah anda dan hosting adalah ruangan yang ada didalam rumah anda.
Jika anda ingin membangun sebuah website anda dapat memilih platfrom mana yang ingin anda gunakan. Ada yang gratisan ada juga yang pro alias self hosting dan berbayar. Jika ingin yang memilih blog gratisan anda bisa menggunakan platfrom blogger/blogspot atau wordpress, namun dengan konsekuensi nama blog anda panjang dan ada tambahan blogspot atau wordpress di belakang nama domain anda.
Jika anda ingin mandiri alias self hosting anda bisa membeli nama domain dan sewa hosting di jasa webhosting yang ada. Dengan menggunakan domain self hosting anda bisa memilih nama domain sesuai dengan keinginan anda tanpa ada tambahan dibelakangnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...