a-ads

Rabu, 14 Juni 2017

Cara Mengatur Data OBB Game Pada Sdcard Untuk Android 5.1

Sobat yang sering mendownload game - game berat, pastinya mengenal letak data OBB. Data OBB atau data tambahan yang dipakai oleh game terutama game yang memiliki isi/ story yang luas. Biasanya data OBB berukuran sangat besar dan pastinya menghabiskan penyimpanan. Pada versi Android Lolipop, tidak hanya data OBB namun juga data aplikasi akan diletakan pada penyimpanan internal. Namun bila sobat memiliki penyimpanan eksternal seperti sdcard, data OBB yang besar ini bisa diletakan pada sdcard dan tidak akan lagi diletakan pada internal.

Cara untuk mengaturnya cukuplah mudah, sobat cukup masuk pada pengaturan>penyimpanan maka akan terlihat disk tulis default, ubah pilihan disk tulis default dari penyimpanan internal ke kartu sd.



Setelah sobat ubah, perangkat akan melakukan reboot untuk mengatur ulang disk tulis default. Sebelumnya letak data OBB berada pada penyimpanan internal, maka akan berubah menjadi sdcard/android/obb. Apabila sebelum melakukan pengaturan ini sobat sudah menginstall game yang menggunakan data atau OBB, cukup pindahkan data tersebut melalui file manager pada kartu sd kemudian lihat ukuran data aplikasi pada pengaturan>aplikasi. 




Selain data OBB akan diletakan pada kartu sd, sobat juga bisa memindahkan aplikasi tersebut ke kartu sd (biasanya terletak pada folder hidden .android_secure). Terakhir bila sobat ingin melepas kartu sd, pindahkan dulu aplikasinya saja kembali ke penyimpanan internal (bila tidak, maka aplikasi tidak akan muncul pada homescreen saat kartu sd dimasukan kembali) agar sobat tidak perlu mendownload ulang atau mencoba mengembalikan aplikasi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...