a-ads

Minggu, 07 Mei 2017

Sering menggunakan Power Bank dapat menurunkan usia baterai lho!


Sering menggunakan Power Bank dapat menurunkan usia baterai lho! - Bagi sobat yang suka berpergian atau travelling, ponsel pintar menjadi salah satu barang yang harus dibawa, banyak sekali kemudahan yang bisa didapat hanya dengan menggunakan smartphone seperti Google maps, memesan tiket, ataupun mencari destinasi wisata. Hal yang menggangu seorang traveller adalah ketika baterai ponsel habis disaat sedang digunakan atau tiba tiba low battery. Di saat seperti inilah seringkali powerbank digunakan. Hanya dengan mengisinya/charge dengan listrik sebelum berpergian maka powerbank sudah siap digunakan kapanpun sobat membutuhkannya. Beberapa orang sering menggunakan powerbank dengan alasan lebih simple atau praktis, mudah dibawa, dan bahkan ada yang berpendapat men-charge menggunakan powerbank 2 kali lebih cepat daripada charge adapter. Tapi taukah sobat bahwa kebiasaan sering menggunakan powerbank bisa saja menurunkan usia baterai? Baterai yang biasa dicharge menggunakan adapter menjadi cepat boros dan ujung-ujungnya sobat akan membeli baterai lain yang semestinya kurang bagus daripada baterai ori/asli. Berikut penjelasannya:


1. Perbedaan Output
Bila sobat perhatikan pada baterai sobat pasti ada tulisan input yang menunjukkan ukuran yang baik untuk arus listrik yang masuk pada baterai sobat. Lain halnya pada powerbank yang seringkali memiliki output yang lebih besar ataupun lebih kecil sehingga proses charge bisa saja terasa lebih cepat ataupun lebih lambat. Hal yang tidak baik adalah ketika powerbank memiliki output yang lebih besar dari input yang sesuai pada baterai atau pada output charge adapter. Misalkan saja sebuah baterai ponsel menggunakan input 5V/1A atau 5 Volt 1 Ampere, sedangkan sobat menggunakan powerbank dengan output yang memiliki Volt atau Ampere yang lebih besar, tentu proses charge akan berjalan dengan cepat, namun kelamaan akan menurunkan usia baterai sobat.

2. Harga Murah
Powerbank yang dijual oleh penjual yang bukan dari vendor ponsel sendiri memiliki harga yang sangat murah, bahkan bisa saja 3 kali lebih murah dari aslinya. Misalkan powerbank asli memiliki harga diatas 150 ribu namun penjual lain menjualnya dengan harga 25 ribu. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyatakat, dengan harga yang murah atau promo diskon membuat masyarakat tertarik membelinya. Padahal belum tentu terjamin kualitas produk tersebut.

3. Kebiasaan saat men-charge
Bila powerbank digunakan saat keadaan mendadak seperti saat baterai ponsel lemah namun sobat sedang penting menggunakannya, maka sobat akan menggunakannya sambil men-charge dengan powerbank. Hal ini sudah sering dibicarakan bahwa tidak baik menggunakan smartphone saat kondisi sedang mengisi, beberapa sumber juga menjelaskan akibat menggunakan ponsel saat charging, seperti memicu arus tidak stabil atau hal lainnya.

Oleh karena itu, saya akan memberikan tips seputar penggunaan powerbank ini. Berikut tips seputar penggunaan powerbank:

1. Gunakan powerbank yang dikeluarkan oleh vendor smartphone sobat atau powerbank yang telah sobat cek sesuai dengan input baterai sobat.

2. Belilah powerbank yang memiliki ukuran 2 kali dari ukuran baterai ponsel sobat, mAh pada baterai ponsel dengan powerbank tidaklah sama oleh karena itu dianjurkan untuk menggunakan powerbank dengan ukuran yang lebih besar dari baterai ponsel sobat.

3. Gunakan mode penerbangan untuk mempercepat charging. Ponsel yang tersambung ke internet akan melakukan sinkronisasi oleh aplikasi sehingga mengkonsumsi baterai.

4. Hentikan pemakaian powerbank saat kondisi baterai sudah berada diatas 80%, hal ini dikarenakan ponsel akan menurunkan arus yang masuk, sehingga listrik dari powebank hanya akan digunakan oleh aplikasi yang berjalan dan tidak memenuhi baterai. Tentu hal ini menyia-nyiakan baterai powerbank sobat.

5.  Dan terakhir, pilihlah powerbank yang sesuai kebutuhan, dilihat dari ukuran, berat, kapasitas, merk, ataupun harga yang sesuai dengan kebutuhan sobat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...