a-ads

Rabu, 10 Mei 2017

Cara Mengatasi aplikasi system Google yang terhenti dengan mudah dan cepat!



Saat ini Google telah menyediakan banyak aplikasi yang menarik bagi para pengguna Android, seperti Google Play Store, Layanan Google Play, Google Play Game, Google Play Music, Kios, dll. Walaupun demikian, seringkali sobat mengalami masalah seperti terhenti, ataupun masalah sambunga. Google Apps terhenti adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Android, baik user non root atau root user, beberapa sering terjadi karena aktivitas sobat seperti saat perangkat sobat jarang melakukan update aplikasi atau memang ada aplikasi google sobat yang nonaktifkan. Selain itu perubahan host Google Play pada /etc/host juga menyebabkan "periksa sambungan internet". Nah untuk mengatasi masalah seperti itu cukuplah mudah, ada beberapa metode yang bisa sobat lakukan seperti:

1. Update Aplikasi sobat!
Seringkali aplikasi Google tidak bisa meng-update karena faktor ini, karena itu gunakan alternatif seperti wifi atau sambungan internet lainnya. Sobat juga bisa menggunakan dns google untuk memperlancar aktivitas update. Berikut link update aplikasi bila sobat ingin mengupdate manual atau dari perangkat lain

  • Google Play Service/ Layanan Google Play update
  • Untuk Google Play Store, cukup buka aplikasinya masuk pada setelan tekan pada build version, maka muncul pembaharuan.


2. Reset preferensi Aplikasi
Bila Google Play Store, atau aplikasi Google lainnya terhenti, coba saja lakukan reset preferensi atau mengatur ulang aplikasi yang dinonaktifkan menjadi aktif kembali. Sobat bisa melakukannya lewat pengaturan>aplikasi>reset preferensi aplikasi. Cara ini tidak akan menghapus data yang ada pada aplikasi sobat seperti factory reset atau hard reset. Setelah mereset preferensi, lakukan reboot atau restart dan kemudian cek pada aplikasi Google yang terhenti.

3. Cek Akun Google sudah ter-sign in dengan baik. Selain itu beberapa penyebab aplikasi Google yang mengalami masalah adalah karena akun Google yang belum ter-sign in dengan baik. Sobat bisa cek dengan mengaktifkan sinkronisasi akun pada pengaturan>akun>google, atau aktifkan lewat toogle sinkronisasi yang ada pada statusbar.

4. Jangan gunakan update apk dari perangkat lain.
Hal ini dikarenakan ketidakcocokan pada perangkat, misalkan saja di perangkat lain sobat melakukan backup apk Google Play Store atau Google Play Service lalu sobat menginstallnya pada perangkat lain, maka hasilnya bisa saja terhenti. Solusinya adalah menghapus pembaharuan dan memperbaharui ulang.

5. Hard reset atau flashing
Bila aplikasi Google sering berhenti, solusi terakhir adalah melakukan hard reset lewat pengaturan atau lewat recovery mode (menghapus semua data pengguna yang ada pada perangkat), atau sobat bisa melakukan flashing (menginstall ulang) sendiri.


Dan untuk  masalah pada Google Play Store seperti download diantrekan berikut tips mengatasinya:

1. Bila download diantrekan, cobalah untuk memaksa berhenti Play Store lalu membukanya ulang lalu coba ulangi download.

2. Cek penyimpanan sobat apabila tersisa hanya sedikit, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting atau pindahkan pada kartu sd. atau baca cara melegakan penyimpana internal

3. Restart perangkat sobat

4. Hapus data Google Play Store dan sign in account Google ulang.

5. Untuk perangkat root, cobalah untuk mereset host dengan menghapus file host pada /etc/host. Namun jangan khawatir karena file host otomatis akan muncull kembali dan tidak membahayakan menghapusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...