a-ads

Selasa, 23 Mei 2017

Apa Itu Safe Mode Pada Android

Safe Mode pada Android


Saya sendiri pernah tidak sengaja memasuki Safe Mode saat saya akan menonaktifkan ponsel. Ketika saya sadar ponsel saya kembali menyala, saya melihat tulisan "Safe Mode" yang berada di pojok kiri. Nah sebenarnya apa itu Safe Mode?

Safe Mode atau mode aman, mulai ada  pada versi Android 4.1 adalah mode dimana system Android akan meload aplikasi pre-installed (aplikasi system) dan tidak akan meload/menjalankan aplikasi yang sobat pasang. Safe mode digunakan untuk memperbaiki masalah dari aplikasi tertentu (yang sobat install) yang mengganggu seperti error atau mengganggu kinerja ponsel sobat, aplikasi tersebut tidak akan diload namun bisa sobat uninstall atau clear data sehingga tidak menimbulkan masalah. Safe Mode yang ada pada Android memiliki fungsi yang mirip dengan yang ada pada PC.

Seperti contoh, bila sobat memasang aplikasi yang digunakan untuk meng-execute file init.d. Aplikasi akan meng-execute script setiap booting (start-up), namun tidak semua script yang sobat pasang bisa di-execute. Alhasil, ponsel sobat akan mengalami hang/error beberapa detik setiap setelah booting dikarenakan start-up aplikasi tersebut. Di sinilah peran Safe Mode itu, ketika sobat memasukinya, maka semua aplikasi yang sobat install, tidak akan terload dan tentunya juga tidak akan muncul pada homescreen sobat, dengan begini sobat dengan mudah bisa menghapus data aplikasi tersebut atau menguninstallnya sehingga tidak akan menyebabkan perangkat sobat hang/error.

Berikut cara memasuki Safe Mode:

1. Pastikan sobat menggunakan versi Android miniman 4.1, namun perlu diingat bahwa tidak semua perangkat dengan versi ini memiliki Safe Mode (beberapa perangkat Android Jellybean yang saya lihat tidak tersedia Safe Mode).

2. Tekan tahan tombol power pada ponsel sobat, maka pop-up untuk mematikan/merestart ulang akan terbuka. Kemudian tekan tahan pada pilihan nonaktifkan daya, beberapa saat akan terbuka pop-up "Reboot To Safe Mode" Klik Ok
Safe Mode pada Android


3. Setelah memasuki Safe Mode sobat akan melihat bahwa aplikasi yang sobat download & Install tidak ada pada homescreen sobat. Namun jangan khawatir aplikasi terhapus, aplikasi akan tetap ada namun tidak terload oleh system. Bila sobat ingin cek aplikasi yang sobat pasang, silahkan masuk pada pengaturan>aplikasi.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Safe Mode pada android dan bagaimana menggunakan dan memasukinya. Bila sobat ingin keluar dari Safe Mode cukup lakukan reboot/restart ulang perangkat seperti biasa menggunakan tombol power. Sekian & Terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...