a-ads

Sabtu, 29 April 2017

Cara menghemat kuota dengan memblokir akses internet pada aplikasi

source: Techiax

Setiap aplikasi pasti memiliki izin atau akses tertentu seperti mencegah ponsel tidur, akses lokasi, penyimpanan, atau akses internet. Aplikasi yang mengakses internet berlebihan bisa saja menyebabkan boros baterai, apalagi bila aplikasi tersebut mengakses internet secara diam-diam (background service) pastinya akan memboroskan kuota tiba-tiba. Seperti pada malware yang suka mendownload aplikasi dari luar dalam jumlah yang banyak atau aplikasi yang suka mengakses internet untuk memunculkan iklan-iklan mengganggu. Hal tersebut menjadi persoalan saat sobat mengaktifkan data seluler, tujuan utama untuk browsing atau download malah banyak aktivitas lain berjalan dan ujung - ujungnya paket data sobat habis sebelum akhir bulan. Solusi mudah untuk ini adalah dengan tidak menggunakan internet sendiri (gunakan wifi teman) atau sobat paksa berhenti aplikasi yang ada pada list penggunaan data.



Namun ternyata Linux memilki firewall yang bisa memblokir internet access pada suatu aplikasi, aplikasi yang diblokir tentunya tidak akan bisa mengakses internet menggunakan APN atau wifi, akses internet akan ditolak paksa dan hebatnya lagi tidak hanya aplikasi, firewall ini juga bisa memblokir kerja kernel seperti akses internet pada VPN, ADB, GPS, SHELL. Firewall ini ada pada setiap android, sobat hanya perlu menggunakan akses root untuk mengaturnya. Dengan tool tambahan 3C Toolbox sobat bisa dengan mudah mengatur aplikasi mana yang ingin diblokir. Berikut langkah - langkahnya:

  • Buka aplikasi 3C toolbox dan geser pada tab "Alat", cari pilihan yang bernama "Linux firewall", maka akan terbuka beberapa tab.
  • Geser pada tab firewall, untuk melihat aplikasi yang sobat pasang (pengguna) cukup klik pada bagian kanan bawah sampai berubah ke pengguna.
  • Pilih aplikasi yang sobat ingin blokir dengan mengklik bagian X pada kolom APN untuk data seluler biasa dan Wi-Fi untuk memblokir aplikasi untuk memakai koneksi wi-fi.
  • Simpan pengaturan yang sudah sobat buat untuk booting selanjutnya dengan menekan tombol off diatas hingga menjadi ON.
  • Silahkan cek aplikasi yang sudah diblokir, hasilnya adalah tidak ada koneksi internet yang digunakan, seperti pada browser yang diblokir maka akan tertulis log ERR_CONNECTION_REFUSED.

Cara diatas digunakan untuk memblokir akses pada aplikasi biasa, untuk malware saya rekomendasikan sobat untuk menghapusnya saja atau membekukannya, serta memakai ad-block untuk mencegah munculnya iklan pada homescreen sobat. Tambahan tips untuk lebih hemat kuota adalah sobat bisa membatasi penggunaan data lewat pengaturan data seluler, memaksa berhenti aplikasi pada list penggunaan data/membatasi data latar belakang, mengurangi atau menurunkan kualitas streaming video, menurunkan kualitas gambar pada saat browsing atau dengan cara menggunakan internet gratis.

Download 3C Toolbox di sini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

9 Cara Mengatasi Notifikasi HP Android Tidak Muncul Di Layar Utama

Notifikasi HP Tidak Muncul - Bagaimana cara mengatasi pemberitahuan aplikasi yang tidak bisa muncul di layar kunci hp android ? Pada dasarn...